Judul Buku          : Bumi Cinta

Pengarang          : Habbiburrahmah Elshirazy

Penerbit              : Basmala

Tahun terbit       : 2010

Edisi                       :1

Palestina dan Israel. Itulah perbincangan hangat yang tak pernah habisnya mengoyak kegundahan dunia, bukan hanya berbicara tentang masalah agama, namun juga kemanusiaan.

“Pikirannya langsung teringat perempuan muda Palestina yang tewas dengan perut sobek dan dada rusak. Perempuan muda Palestina yang tewas dengan perut sobek dan dada rusak. Perempuan muda itu adalah Salma, Ibunya.”

Linor Jelinek adalah seorang wanita yang selamat saat pembantaian yang terjadi di Palestina. Dia adalah seorang bayi Palestina yang kemudian di asuh oleh agen Zionis Israel. Doktrin Zionis telah membawanya masuk sebagai agen rahasia Israel yang tak lain bertugas untuk melumpuhkan umat muslim terutama Palestina. Identitas Yahudi pun telah menghapus nama sebenarnya yaitu Sofia. Sampai akhirnya kebenaran identitas Sofia “Sang Wanita Palestina” ia dapatkan kembali walau harus ditebus dengan darah

Habiburrahman Elshirazy merupakan sosok yang tak diragukan lagi  akan kepiawaianny bermain kata menghanyutkan para  pembaca masuk ke dalam alur ceritanya. Jelas terlihat dalam setiap katanya ia bertujuan untuk  mengkritisi ‘misi-misi’ agen rahasia Zionis Israel yang mungkin selama ini dengan cerdiknya memporak-porandakan dunia. Dalam pemikiran kritisnya, ia bermaksud untuk membuka pemikiran tertutup khalayak tentang kegesitan Israel.

Antara satu bab dengan bab lainnya memiliki cerita yang sangat berkorelasi. Dan dari segi bahasanya tak jauh berbeda dengan  gaya bahasa di buku-buku dia sebelumnya, yaitu menghanyutkan pembaca untuk masuk ke dalam setting waktu dan tempat cerita, serta penuturan bahasa yang lebih terasa nuansa sastra. Namun terkadang penceritaan setting waktu dan tempat yang bertele akan membuat pembaca enggan membacanya.

Cover buku dengan nama Habiburrahman El Shirazy yang besar mungkin akan langsung menjadi daya tarik tersendiri akan popularitas novelisnya. Ditambah dengan judul yang tak kalah besar dengan  setting luar negeri yang akan semakin membuat para pembaca penarasan dengan buku ini.

Buku ini cocok bagi siapa saja, terutama bagi masyarakat yang tertarik dengan masalah Israel dan Palestina terlebih bagi para pecinta novel yang sarat dengan permainan kata yang begitu memukau.

_______________________________________________________

hem sudah lama tak menulis lagi..

entah alasan sibuk dengan hal lain dapat dijadikan alasan, atau memang rasa malas yang lebih condong membuat kesibukan itu dijadikan kambing hitamnya

ini pun merupakan tulisan y ng merupakan tugas saya di AKSARA untuk membuat sebuah resensi, namun tentu perasaan senang yang mengiringi tulisan saya ini, TANPA PAKSAAN

baik belajar seceria mungkin..

😀