Judul Buku          : The Ikon

Pengarang          : Gary Van Haas

Penerbit              : Dastroy

Tahun terbit       : 2009

Edisi                       :1

Penyembahan terhadap berhala memang bukan hanya terjadi saat zaman para nabi saja. Bahkan mungkin tidak terasa oleh seorang Islam sekalipun. Sepertinya halnya percaya akan batu yang dapat menyembuhkan penyakit manusia.

“Ikon Sang Perawan memiliki kutukan bagi siapa saja yang berusaha berurusan dengannya”. Itulah Ikon yang banyak diincar baik itu seniman, kolektor, para ilmuan, dan yang lainnya. Ikon yang ditemukan oleh seorang biarawati ini dijadikan sebuah sembahan dan dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Yunani dapat menyembuhkan penyakit manusia. Tak heran jika muncul mitos yang mengisahkan bahwa ikon telah membuat banyak orang yang berusaha menirukannya berakhir denga kematian. Terlepas dari mitos yang salah itu, ternyata Ikon Tinios ini menyimpan sebuah rahasia besar yang dapat mengegerkan hidup keberagamaan umat Kristen dan konspirasi bangsa Israel.

Buku ini merupakan buku terjemahan dari seorang novelis best seller internasional Gary Van Haas.

Kosa kata buku ini terkadang menyulitkan pembaca untuk mengerti maksud dari penulis. Entah mungkin karena ketidaksempurnaan penerjemah dalam menerjemahkan buku ini. Penjelasan tokoh dan setting yang bertele-tele membuat pembaca sedikit bosan. Di beberapa bagian cerita terdapat kisah yang masih tabu di Indonesia, seperti seks dan berhubungan sesama jenis. Cerita ini membuat alur menjadi kurang fokus.

Cover buku dengan objek yang menyerupai yesus akan mengira bahwa buku ini untuk umat Kristen, namun jika dilihat dari sub judulnya ‘Vatikan, Konspirasi Israel, dan Rahasia Besar Yesus’ pembaca akan mengira bahwa ini buku pengungkap rahasia suatu agama.

Buku ini pantas bagi pembaca yang sudah dewasa dan sangat tidak disarankan dibaca oleh anak kecil. Bagi pembaca yang penasaran dengan kisah rahasia Kesatria Templar dan Vatikan, buku ini akan sedikit memberikan gambarannya.