Yap setelah berkali-kali berhari-hari ngotak-ngatik gimana supaya caranya bisa internetan pake usb tp link di windows. Finally, it can!

Sudah banyak artikel yang membahas tentang setting usb ini terutama untuk di windows 7, karena memang yang menjadi masalahnya adalah pihak telkom speedy tidak menyediakan (ga tau kalo sekarang) driver usb yang compatible bagi windows 7 di CD bawaannya.

Searching-searching akhirnya mendapatkan banyak pencerahan. Terutama saat setting IP gitunya. Dikirain udah instal driver langsung bisa internetan, eh ternyata tidak. Harus ada setting IP gitu. Ok langsung aja.

1. Download driver usb tp link 8817 untuk windows 7 di sini

2. Tentu instal driver usb yang baru diunduh😀 (sambil colokin usb ke komputer atau laptopnya)

3. Setelah intal beres, kita disuruh untuk restart komputer(turutin aja :D)

4. Kita lihat di pojok kanan taskbar, ada simbol monitor dengan tanda seru kuning

5. Klik simbol monitor itu kemudian klik Open Network and Sharing Center


6. Klik Local Area Network


7. Klik properties -> pilih Internet Protokol Version 4 (TCP/IPv4) -> klik properties

8. Nah trus isikan seperti gambar di bawah

9. Klik OK, trus close deh, dan tunggu beberapa saat (sedikit sabar ya) walhasil simbol monitor sudah tidak ada lagi tanda seru kuningnya. Itu menandakan internet siap berjalan😀

note: dari sekian langkah, jangan lupa router TP-Link nya dinyalakan ya😀😛

Yup, belajar dari pengalaman dan kesalahan serta kebingungan yang mantap.

tetap ceriaa😀