Sempat terpikir, guling-guling, ngepak-ngepak pipi ada apa dengan lukisan Monalisa?

Berawal dari perjalanan mudik. Kok monalisa begitu terkenal. Mulai dari dijadikannya frame untuk edit foto di photofunia.com, banyaknya yang ngedit lukisan ini jadi berbagai mana pose, seperti senang, kaget, sedang megang kopi, bahkan ngupil.

Lukisan ini dibuat pada tahun 1503-1506 oleh Leonardo Da Vinci. Bahkan ini pun masih diperdebatkan siapa sosok yang benar-benar membuatnya.

Terkait dengan siapa sosok yang dilukisnya pun masih misterius. Ada yang bilang dia adalah Lisa del Giocondo,  ibunya Da Vinci, bahkan itu adalah Da Vinci dengan penampilan seorang wanita. namun ada hal yang sedikit orang mulai telaah. Yaitu lukisan monalisa yang disandingkan dengan potret kapur merah Leonardo Da Vinci.

sumber berita yang menelaah monalisa adalah Da Vinci

Terlepas siapa yang membuatnya, yang begitu mengusik dan penuh misteri ini adalah makna dari lukisan Monalisa itu. Konon tak ada tulisan atau keterangan apapun di lukisan itu hingga dia mati. Inilah yang membuat lukisan ini begitu booming bahkan sampai 500 tahun.

Entah hanya sugesti orang yang menilai, yang mengatakan bahwa senyumnya mengandung misteri. Padahal bisa saja si wanita dan pelukis membuatnya tanpa ada maksud apa-apa😀.

Sosok wanita yang berpose santai tanpa memiliki alis mata serta menyunggingkan senyum yang manis. Apakah ini simbol misteriusnya sosok makhluk yang bernama wanita? Jika ditelisik lagi pada masa itu, model lukisan potret pada masa itu yang umumnya berpose tegak lurus dan kaku, bukan berpose santai dengan posisi tangan yang menyilang.

Begitu banyak puisi, karya sastra yang terinspirasi dari lukisan Monalisa, seperti rayuan gombal seorang laki-laki

Senyummu manis, namun penuh mister layaknya lukisan Monalisa. Membuatku penasaran untuk mendekatimu. Bukan hanya aku, namun jutaan orang. Tapi  bolehkah hanya aku yang diberi kesempatan untuk mengenalmu lebih jauh ” haha.

Bukan hanya itu, seringkah kita mendengar seorang lelaki yang bertanya-tanya saat seorang wanita tersenyum padanya?

Aduh apa dia suka atau tidak ya.

Aduh apa dia kasih sinyal-sinyal ke saya?

Terlepas saya seorang wanita. Sering mendengar pernyataan dari lelaki bahwa wanita itu penuh misteri, seperti puzle, rumit, dan lain-lain. Mendengar kalimat itu, apakah Da Vinci memang senjaga menyimbolkan Monalisa sebagai sosok wanita yang penuh misteri? Entahlah.

Jika ingin tahu lebih tentang sejarah Monalisa, silakan searching saja😀

Sumber: http://www.asal-usul.com/2010/04/monalisa-senyum-sejuta-misteri.html