ok, sekarang tanggal 11 November. Mau tanggal berapapun itu owh sepa aka pucat wajah ini. Bagaimana tidak, seangkot sama sekomplotan maling terencana dan begitu mendominasi angkot.

saya merupakan penumpang angkot sejati. Kisah begitu banyak, mulai dari masalah ongkos, SAMPAI masalah MALING. Langsung saja, jika kalian-kalian mau naek angkot, masih newbie atau sudah dedengkot. Saya mau sharing tips dan trik mendeteksi maling dalam angkot. Jangan salah, malingnya ga tanggung-tanggung sekitar 8 orang lho. Trus angkot yang diincar antara lain angkot kalapa-ledeng dan cicaheum-ledeng (bandung).

>>>>> Pendeteksian ini terjadi ketika kalian dan maling-maling itu masuk angkot selaras bersamaan.

  1. Ketika kalian memasuki angkot yang kosong di terminal, secara tiba-tiba banyak geromboral cowo-cowo yang ikut naik juga. Dengan berbagai macam bentuk badan, ukuran tubuh, usia, nano nano dah.  Pas itu terjadi kalian harus waspada.
  2. Nah udah itu terjadi, beberapa penumpang ngajak ngobrol seperti “jam berapa sekarang?” “sekolah di mana?“. Entah untuk apa mereka ngajak ngobrol. Curigai karena itu bisa jadi trik mengalihkan perhatian.
  3. Mulailah curiga ketika mereka sengaja duduknya mengapit kita.
  4. Tambahlah curiga ketika orang disekitar terutama di pinggir sudah mulai batuk-batuk, gini contohnya “okho-okho Allahuakbar batuk kieu euy.” terus menerus. (yang ini akan dibahas di point selanjutnya)
  5. Kecurigaan semakin menguat pas yang di pinggir menutup tangannya dengan tas, terus kaya merhatiin tas yang sedang dipegang.

Kalo udah tau gitu, tetap cool aja man! *walopun sangat menggema minta tolong pengen guling-guling di angkot* dengan wajah tiis a.k.a biasa saja langsung turun. TURUN ya di saranin. Kecuali kalo kalian emang sedang meneliti masalah kriminologi atau yang suka tantangan.

Nah terus terus. Bagaimana jika kita yang masuk liang buaya? Maksudnya jika pas angkot yang di naekin tuh dah ada maling-malingnya? Mungkin pertama ga akan sadar who are they? Begini tips trik mendeteksinya. (berdasarkan pengalaman waktu SMA pas naek kapala-ledeng). Inilah pengalaman yang membuat saya ngeh dan bisa kasih tips trik yang pertama. Oke Begini.

>>>>> Pendeteksian ini terjadi ketika kalian masuk ke angkot lubang buaya para maling.

  1. Pas masuk ke angkot penuh, mungkin terkadang itu yang dicari oleh para angkoters. TAPI hati-hati
  2. Ada orang yang batuk-batuk dan muntah dengan mengeluarkan air ludah di depan kita harus dicurigai, soalnya itu adalah trik mereka untuk mengalihkan perhatian kita. Buat kita jijik, akhirnya ga terlalu konsen deh
  3. Nah udah gitu, ada yang uang recehnya pada jatoh. Terus diambil deh sambil geser-geserin kaki kita. Nah di saat kita lengah, maling di pinggirnya secara perlahan ngambil uang di saku atau tas deh.
  4. Tapi-tapi ada juga yang pura-pura keram kaki. Nyuruh minggir deh kitanya.
  5. Makin yakin yang mereka-mereka itu para maling kata supir angkotnya. Pas mereka turun mamang supir langsung bilang “aya anu ical neng? itu tadi maling sadayana” artinya=”ada yang ilang neng? itu tadi maling semua”.

Itu sekelumit kecil beberapa ciri atau identifikasi maling komplotan. Sepertinya mereka sengaja mencari angkot yang dapat mereka dominasi. COntoh angkot kalapa ledeng yang menampung 5 orang di kiri dan 7 orang di kanan. Kalo di angkot lembang-stasion kan gede tuh. Ga tau juga apa da atau g. Sepertinya sih ada.😀

Intinya hati-hati angkoters

oke. that all that I share.