Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya, yaitu SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Tertinggal Terluar Terdepan)

Rasanya meninggalkan keluarga selama 12 hari mungkin hal yang biasa bagi sebagian orang, tapi tidak bagi saya. Ini mungkin hari terlama meninggalkan keluarga sepanjang masa. *lebay*

Oke, terlepas dari itu semua. Sungguh waktu 12 hari sangat berkesan. Bersama-sama dengan teman sekelompok sebanyak 12 orang yang disatukan dalam sebuah kamar kecil. Tentu otomatis tidur pun seperti pindang dempet.

Hey, 12 hari seperti 12 bulan. Mengenal banyak teman baru sebanyak 66 orang. Tak ayal pasti saja ada kisah lucu dari orang-orang konyol yang membuat suasana makiiiiin waw.

berikut adalah hal-hal yang paling diingat selama prakondisi SM-3T:

  1. Materi kependidikan(seabreg nih selama seminggu dari pagi sampai sore)
  2. Datangnya pejabat daerah sasaran, tentulah mereka diberondongi banyak pertanyaan. Dan saya ditempatkan di SMPN 2 SerbaJadi Aceh.
  3. Tak dipungkiri sebenarnya masih ada “sedikit” keraguan untuk pergi mendidik ke daerah tertinggal. Tapi sungguh, karena kami senasib sepenanggungan, maka kami saling menguatkan dan menyemangati.
  4. Makan sehari 3 kali sehari ditemani ayam dan daging-dagingan. Ditambah snack 2 kali sehari. Waw! Yah, mungkin sekarang kami dimanja-manja 12 hari untuk 12 bulan mungkin. Skala 1 hari: 1 bulan😀
  5. Makan cepat ala militer. Ya, ini lah yang kami rasakan “sedikit menyiksa”. Bagaimana tidak makan harus habis dalam waktu 5 menit. Tentu banyak cara, bahkan ada yang disatukan nasi dengan air mineral, biar gampang geto.
  6. Sholat ala militer. Ya, tidak sempat itu yang namanya wudhu, tayamum disertai sholat menggunakan sepatu dan pakaian kotor.
  7. Ada sang penampung makanan. Karena makanannya padat, maka mau tidak mau harus habis. Kalau tidak habis, ya kasih ke orang yang mau😀
  8. Cara mempertahankan diri ala militer, mulai dari waspada sampai cara menghindari peluru. Ya, siapa sangka nanti ada konflik mungkin di daerah tertinggalnya.
  9. Kepramukaan. wah ini nih yang benar-benar tak saya tau sama sekali. Di sini benar-benar dikasih pengarahan  bagaimana nanti kita akan dijadikan pembina pramuka.
  10. Outbond melintasi sungai, jalan setapak, flying fox, jembatan yang ada di atas dengan papan setapak (lupa namanya). Muantap!
  11. Dan tak kalah penting, acara api unggun beserta pentas kreasi per kelompok, semua peserta, dan personal. Dan acara yang paling berkesan salah satunya adalah api unggun. Di situ benar-benar terasa persaudaraan, memiliki keluarga baru.

Walaupun langit, pada malam itu
bermandikan cahaya bintang
Bulanpun bersinar, betapa indahnya
Namun menambah kepedihan

Ku akan pergi meninggalkan diri mu
Menyusuri liku hidupku
Janganlah kau bimbang
Dan jangan lah kau ragu
Berikalah senyuman padaku

Selamat tinggal kasih sampai kita jumpa lagi
Aku pergi takkan lama
Hanya sekejap saja ku akan kembali lagi
Asalkan engkau tetap menanti

-Ello-