Wedew, udah lama ga nulis beberapa postingan tutorial. Baiklah akhir-akhir ini hobi saya gambar sedang mulai dilampiaskan di software yang baru saya searching di google yaitu “Paint Tool SAI”. Dan ternyata cukup kereen lah kalo buat gambar dan ngewarnain. Ditambah saya padupadankan dengan easy mouse pen yang baru beberapa bulan dibeli😀

Untuk tahu bagaimana itu cara kerja Paint Tool SAI silakan Anda coba-cobi sendiri dulu ya. Kalau ada yang tidak mengerti silakan tanyakan atau didiskusikan.

Baik untuk kali saya akan berbagi tips bagi kalian yang sudah mahir atau terbiasa di SAI ini. sebelumnya saya merasa kesulitan karena ingin membuat gambar yang saya buat itu berupa PNG yang tidak memiliki background atau transparan. Jika saya export gambar di SAI sebagai PNG tetap saja gambarnya memiliki background. Selain itu tidak ada pengaturan PNGnya sendiri. Akhirnya cari sana sini dan akhirnya waw, I found it! Tapi lupa di website mana.

Baik biar ilmu yang saya dapatpun bisa terus diingat saya kasi tipsnya. Oh ya, untuk menjalankan tips ini Anda harus memiliki software Photoshop ya.

  • Silakan export gambar SAI dan pilih .psd (photoshop)
  • Kemudian buka aplikasi photoshop
  • Silakan buka file SAI tadi yang Anda export sebagai .psd

Taraa! Gambarpun menjadi transparan tanpa background. Nah kalo di Photoshop sini Anda dapat menjadikan gambar PNG transparan. Tinggal save as, pilih PNG, terus non. Selesai!

oya ini link bagi yang butuh Portable Paint Tool SAI nya: Download Portable Paint Tool SAI.

Ini gambar yang dibuat di SAI, ubah PNG di Photoshop.

gambar PNG

Ini yang udah ditambah background vintage-paper

Oya ini gambar semua pure di SAI lho gambarnya, mirip di atas kertas pake pensil kan gambarnya? Itulah kelebihan Paint Tool SAI😀

 

Semoga bermanfaat! Silakan tanya jika ada yang tidak dimengerti.
Bertutorial seceria mungkin😀