Alkisah ketika saya mengajarkan mereka mematikan komputer dan menyalakan komputer menggunakan mouse. Saya pikir mereka mudahlah memegang mouse , toh hanya sekedar pegang, klik, dan geser. Eits, itu mungkin mudah bagi kita yang terbiasa memegang mouse “hanya sekedar”. Tapi susahnya minta ampun bagi mereka yang baru pertama kali memegang mouse.

Miris sebenarnya. Tidak sedikit dari mereka yang ketakutan untuk memegang mouse. Ada yang memegang sambil bergetar, memegang dengan hanya dua buar jari (jari manis dan ibu jari) seperti orang yang jijik. Ada yang digeserkannya bukan mousenya, tapi telunjuk yang menyentuk bagian kiri mouse nya yang dia gerakkan. Ada pula yang ketika akan mengklik, dia lepas semua jari yang menempel di mouse, terus dia klik menggunakan telunjuk tanpa memegang mouse.

 

SAM_3173

 

SAM_3179

SAM_3172

SAM_3171

SAM_3169

Nah untuk mengatasi kesusahan itu, saya berpikir untuk mengajak mereka bermain sambil belajar. Tidak tegang, menyenangkan, namun mereka bisa mahir menggerakkan mouse.  Akhirnya saya pilih untuk bermain games Alien Sky. Dengan bermain games, secara otomatis siswa mau tidak mau harus klik dan geser-geserin itu mouse. Tak apa, mereka baru membiasakan diri untuk memegang mouse. Walau masih “hanya sekedar”, dengan seringnya mereka menggunakan mouse melalui games akan membuat mereka mahir dalam menggunakan mouse.

Yap, tak  apa Nak. Kalau kata orang Sunda “cik karacang tinggang batu, laun laun jadi legok”. Sekarang baru bisa pegang mouse, nanti bisa mengetik, menyalakan mematikan komputer, lama kelamaan (asal jangan lama-lama) kalian bisa semuaa.

Baiklah Nak, ayo pegang mouse seceria mungkin beybeh.