Aduh hantahlah ya, sekarang saya semakin bingung dengan Kurikulum 2013, terutama kurikulum di SMK. Saat penerapan Kurikulum 2013 tepat sekali saya melakukan praktek PPL PPG ini di sebuah SMK yang menjadi sekolah uji coba kurikulum 2013 di Kota Padang.

Simulasi Digital. Ini adalah mata pelajaran yang menjadi pengganti pelajaran KKPI di SMK. Hal yang dipelajari di matpel ini adalah sebagai berikut:

Nah tapi, karena keterbatasan alat tentu kurikulum ini belum bisa diterapkan. Karena sungguh komputernya tak mumpuni untuk menjalankan aplikasi multimedia yang cukup berat di matpel SimDig (Simulasi Digital). Akhirnya hanya sekedar ganti aman saja, dari KKPI  menjadi SimDig. Hal tersebut terjadi karena materi yang diajarkan sama saja.

Nah adalagi masalah, menurut saya. Di kurikulum SimDig mengajarkan membuat materi dalam bentuk digital, simulasi visual, audio visual. Jika dilihat apakah ada hubungannya dengan SMK yang jurusan akuntansi, pemasaran, perbankan, dan mungkin jurusan lain selain TIK?

Kita ambil contoh akuntansi. Yang mereka butuhkan adalah keahlian pengolah angka. Berarti mereka setidaknya harus menguasai aplikasi pengolah angka (contoh Excel). Jika ditelisik, mungkin materi membuat simulasi materi digital tidak terlalu mereka pakai untuk dunia kerja. Kecuali memang mereka akan menjadi animator khusus bidang akuntansi😀. Tapi materi aplikasi pengolah angkanya entah juga tuh apakah ada atau tidak di kurikulum.

Kita ambil contoh perkantoran. Mereka akan bekerja di kantor, misalnya. Di mana mereka harus membuat laporan kantor dengan rapi, misalnya. Nah keahlian itu kan butuh kemampuan untuk menjalankan aplikasi pengolah huruf (misal Open Office/ MS. Word). Tapi entah juga tuh materi itu ada atau tidak.

Mungkin terkesan, materinya terlalu mudah bagi siswa SMK. Justru hal kecil seperti itu harus ada dulu sebelum berlanjut ke tingkat lebih waw. Pengalaman mengajar di SMK selain TIK, memberikan gambaran  bahwa untuk menggunakan aplikasi-aplikasi (pengolah kata/angka) itu saja mereka masih kaku.

Nah itu opini saya, bagaimana opinimu?

Beropini seceria mungkin😀