Pernah mendengar software Alice? Nah kalo baru ngedenger sekarang, saya mau bahas sedikit dari hasil pelatihan kemarin😀

Pada tanggal 19-21 Juni 2014 kemarin diadakan pelatihan dari Oracle Academy untuk guru-guru SMK, khususnya SMK IT mungkin ya soalnya semua yang mengikuti pelatihan dengan saya kemarin guru IT. Pelatihan ini diadakan di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan. Oke langsung saja tanpa harus panjang lebar.

Ketika mengetahui akan mengikuti pelatihan Oracle Academy saya pikir saya akan mempelajari Oracle database nya, ternyata di sini diperkenalkan dengan sebuah software bernama ALICE. Alice adalah sebuah freeware bahasa pemrograman berbasis objek yang diintegrasikan dengan IDE. Pada software Alice ini, pengguna tinggal drag and drop untuk membuat animasi komputer dan 3D modelling. untuk informasi lebih lanjutnya dapat diakses di sini.

Cukup mudah dalam menggunakan program Alice ini, hanya perlu otak-atik sedikit, bisa jadi animasi sederhana. Bagi seorang pendidik terutama guru yang akan menjelaskan bahasa pemrograman berbasis objek, Alice dapat digunakan untuk memperkenalkan secara sederhana dan mudah dipahami secara logika bahasa pemrograman berbasis objek (OOP).

Berikut screet shoot dari  Alice 3:

tampilan secara scene

tampilan secara scene

 

Tampilan secara prosedur/kode

Tampilan secara prosedur/kode

Berikut beberapa objek yang dapat langsung di drag dan dijadikan animasi, ada beberapa macam class di antaranya: biped class (makhluk yang berjalan 2  kaki, dan memiliki 2 tangan), flyer class (objek yang memiliki sayap), dan transportation class

biped class

biped class

flyer class

flyer class

transportation class

transportation class

Nah, untuk download alice 3 ini dapat diunduh di sini.

Jika saat instal Alice Anda menemukan masalah “Java not found”, berarti harus instal terlebih dahulu JDK. Nah langkah instal dan downloadnya dapat dilihat di website ini .

Untuk tutorialnya, dalam bahasa inggris dapat dilihat di sini

Nah selama 3 hari pelatihan, setidaknya ini projek simplenya bersama rekan saya Retno Lestari😀