image

Sekarang saya lagi baca buku “Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Alqur’an” yang covernya seperti di atas. Dan baru beberapa bab membacanya semakin termotivasi untuk menghafal Alqur’an. Bagaimana tidak, dalam keadaan saya yang sedang hamil ini pasti menginginkan anaknya hafiz qur’an. Jadi ya harus ibunya terlebih dahulu yang harus berusaha untuk menjadi seorang hafiz juga😀

Agar semangat dalam menghafalnya, saya akan menuliskan keutamaan Alqur’an dalam sabda Nabi SAW sesuai dengan yang ada di buku “Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Alqur’an“:

1. Menjadi hamba yang istimewa
Rasulullah bersabda,”sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari golongan manusia.” para sahabat bertanya “wahai rasulullah, siapakah mereka?” beliau bersabda, mereka adalah orang yang dekat dengan Alqur’an. Mereka adalah keluarga Allahdan hamba istimewa” (HR. Ibnu Majah)

2. Mendatangkan ketentraman dan rahmatNya
Nah ini sudah pasti yang membaca dan mempelajari Alqur’an  akan diberi ketentraman dan rahmat dari Allah.

3. Memberikan syafa’at di hari kiamat
Nah, ini bisa jadi motivasi yang hebat untuk kita menghafal Alqur’an. Bagaimana tidak, siapa yang tak ingin ditolong Alqur’an dan menjadi pembela kita untuk masuk syurga.

4. Perbandingan keutamaan orang yang mahir dan terbata-bata
Tak perlu malu membaca Alqur’an karena masih belum lancar, karena sesuai sabda Rasulullah SAW: “orang yang membaca Alqur’an dengan terbata-bata karena susah, akan mendapat dua pahala”

5. Kebaikan yang berlipat ganda
Setiap huruf yang dibaca mendapat 1 kebaikan, dimana 1 kebaikan mengandung 10 kebaikan. Alif lam mim ada 3 huruf jadi ada 30 kebaikan.

6. Keistimewaan para orangtua yang mendidik anaknya untuk belajar Alqur’an
Ini salah satu keinginan saya sebagai anak dan juga orangtua, memberikan mahkota yang bersinar  melebihi sinar matahari di dunia pada hari kiamat kelak kepada orangtua saya, juga nanti anak saya pun memberikannya kepada orangtuanya.

7. Mendapat mahkota kehormatan
di antara penghormatan kepada Allah, yaitu menghomati orang yang telah beruban dan menghormati orang yang hafal alqur’an, (dengan catatan orang yang hafal alqur’an itu) tidak terlalu (hingga berlebihan) dan tidak pula kurang (hingga semberono). Dan juga menghormati penguasa yang adil” (HR. Abu Dawud)

8. Lebih istimewa dari seluruh perhiasan dunia
bila salah seorang di antara kalian stiap hari pergi ke masjid untuk mempelajari 2 ayat Alqur’an, itu lebih baik baginya daripada 2 unta. Bila 3 ayat maka lebih baik dari 3 unta. Demikian seterusnya.. ” (HR. Ahmad)

9. Paling berhak menjadi imam sholat
“orang yang paling berhak menjadi imam adalah orang yang paling banyak hafalan Alqur’an nya” (HR. Muslim)

10. Jenazah penghafal Alqur’an dimuliakan
Saat penguburan satu lahad para syuhada di perang uhud, Rasulullah SAW bersabda:
siapakah di antara keduanya yang lebih banyak menghafal Alqur’an? Bila para sahabat menunjukkan salah seorang di antara keduanya, maka Rasulullah SAW mendahulukannya untuk dimasukkan ke liang lahad” (HR. Bukhari)

Nah itu, semoga dengan semakin tahu hal tersebut membuat kita konsisten untuk menghafal Alqur’an, Aamiin.
Yu menghafal seceria mungkin😀