Beranda

Gelap dan Melankolis

Tinggalkan komentar

Wajar, sekiranya Tuhan menurunkan perintah yang merupakan anjuran bagi hambaNya untuk bertahajud.

 

Siapa yang tak pernah memiliki masalah? Kasian, jika memang ada yang tak pernah punya masalah.

Dia tak pernah merasakan nikmatny berada di puncak keindahan jalan keluar saat masalah telah terdaki selesai.

 

Sisi melankolis sering dikaitkan dengan kesedihan. Setiap orang seyogyanya memiliki sisi melankolis barang secuil, menurutku.

 

Tak ungkir, melankolis itu muncul saat kau sendiri, menyepi, samar melihat karena gelap. Ya gelap, hingga kau tak mampu melihat sisi pipimu yang basah karena air mata itu begitu mudah mengalir.

 

Hati menerawang, hingga tanpa dibuat2 kau pun menangis. Ntah kau sadar atau tidak.

 

Melankolis, itu yang acapkali aku inginkan jika setiap bertemu denganNya.

 

Melankolis, itu yang sering kali orang gengsi menunjukkannya.

Makanya, pergilah kau menuju gelap untuk mendapat penerangan, penerangan jiwamu.

 

Melankolis, itu yang sering kali orang dengan mudah mengumbarnya.

Jangan terlalu melankolis juga, hey!

Bisa kau terjerembab jika melankolis itu tak kau iringi dengan tekad.

 

Teman curhat yang mampu kau lihat sebetulnya begitu dekat. Lihatlah cermin. Itulah orang setia yang mendengar curhatmu.

Pernahkah kau berbicara dengan dirimu? Dalam gelap kau menangis bersama jiwa dan ragamu.

Nikmatilah,

 

Antara gelap dan melankolis.

Menangislah, bangkitlah, dan tersenyumlah seceria mungkin.

Sang Pemberi Rasa melankolismu siap menerima kemelankolisanmu, sayang.

Iklan

Ayo Wanita Senyum Seceria Mungkin

Tinggalkan komentar

Baik, kali ini bukan berbicara tentang pendidikan secara khusus maupun tentang komputer. Kali ini saya tertarik membuat sebuat curahan tentang WANITA.

“Wanita Memang suka coklat dan eskrim, tapi lebih suka kepastian”

Wanita sering dianggap lebay saat menceritakan apa yang dirasakannya. baik melalui tulisan ataupun lisan. Namun bagi saya itu wajar. Wanita itu rapuh, namun acapkali sering disakiti dan tersakiti.

Akhirnya, wanita menangis. Jangan anggap tangisnya kelemahannya. Tangisnya adalah rehat sejenak untuk meredakan kelemahannya, kemudian bangkit.

Wanita, terkadang ingn tahu walau sakit. Terkadang menyesal mengapa dia harus tahu? Jika itu membuatnya sakit. Tapi wanita pun ingin kepastian, kejelasan. Karena hidup dalam ketidakpastian itu lebih sakit, SAKIT. Sakit karena harus berpikir negatif lagi, dan lagi.

Terkadang wanita diam jika terluka, pun tak sedikit yang berkoar.

Wanita diam, karena dia sesak. Tak bisa menangis, tak bisa melukai yang melukainya, dan takut tak bisa berpikir jenih.

Wanita, rumitkah makhluk ini? Bagi mereka wahai lelaki mungkin berkata “ya”. Tahu mengapa mereka rumit? Karena terkadang kalianlah yang membuka celah kerumitan itu.

Hati-hati dengan hatimu wahai wanita. Tapi, tak elak wahai kalian lelaki yang tak bisa berhati-hati dengan hati wanita. Kau anggp sepele, namun tak berpikir apa dampaknya.

Tak jarang, jika wanita yang berprinsip itu kalian cokeh barang secuilpun, kau akan berhadapan dengan harimau yang dulu  kau anggap ibarat kucing kurap yang hanya mampu merintih.

Wanita, ketegasan ada pada dirinya, sesungguhnya. Kau sia-siakan dia dengan menyakitinya dengan tidak sengaja atau SENGAJA, siap-siap kaupun akan disia-siakan hingga merintih menyesal.

Wanita, kelembutan ada padanya, jelas. Kau mengahrgainya dengan seluruh waktumu dengan tulus dalam naunganNya, siap-siap kau akan dicintainya hingga tak terperi kau tersanjung dalam buaian syukur.

Ini hanya untuk menjadikan diri sebagai wanita pencinta, bukan pendendam.

Antara wanita, tulisan, dan senyuman.

Ayo Wanita Senyum seceria mungkin

Ayo Wanita Senyum seceria mungkin

Monalisa Simbol Kemisteriusan Wanita?

6 Komentar

Sempat terpikir, guling-guling, ngepak-ngepak pipi ada apa dengan lukisan Monalisa?

Berawal dari perjalanan mudik. Kok monalisa begitu terkenal. Mulai dari dijadikannya frame untuk edit foto di photofunia.com, banyaknya yang ngedit lukisan ini jadi berbagai mana pose, seperti senang, kaget, sedang megang kopi, bahkan ngupil.

Lukisan ini dibuat pada tahun 1503-1506 oleh Leonardo Da Vinci. Bahkan ini pun masih diperdebatkan siapa sosok yang benar-benar membuatnya.

Terkait dengan siapa sosok yang dilukisnya pun masih misterius. Ada yang bilang dia adalah Lisa del Giocondo,  ibunya Da Vinci, bahkan itu adalah Da Vinci dengan penampilan seorang wanita. namun ada hal yang sedikit orang mulai telaah. Yaitu lukisan monalisa yang disandingkan dengan potret kapur merah Leonardo Da Vinci.

sumber berita yang menelaah monalisa adalah Da Vinci

Terlepas siapa yang membuatnya, yang begitu mengusik dan penuh misteri ini adalah makna dari lukisan Monalisa itu. Konon tak ada tulisan atau keterangan apapun di lukisan itu hingga dia mati. Inilah yang membuat lukisan ini begitu booming bahkan sampai 500 tahun.

Entah hanya sugesti orang yang menilai, yang mengatakan bahwa senyumnya mengandung misteri. Padahal bisa saja si wanita dan pelukis membuatnya tanpa ada maksud apa-apa :D.

Sosok wanita yang berpose santai tanpa memiliki alis mata serta menyunggingkan senyum yang manis. Apakah ini simbol misteriusnya sosok makhluk yang bernama wanita? Jika ditelisik lagi pada masa itu, model lukisan potret pada masa itu yang umumnya berpose tegak lurus dan kaku, bukan berpose santai dengan posisi tangan yang menyilang.

Begitu banyak puisi, karya sastra yang terinspirasi dari lukisan Monalisa, seperti rayuan gombal seorang laki-laki

Senyummu manis, namun penuh mister layaknya lukisan Monalisa. Membuatku penasaran untuk mendekatimu. Bukan hanya aku, namun jutaan orang. Tapi  bolehkah hanya aku yang diberi kesempatan untuk mengenalmu lebih jauh ” haha.

Bukan hanya itu, seringkah kita mendengar seorang lelaki yang bertanya-tanya saat seorang wanita tersenyum padanya?

Aduh apa dia suka atau tidak ya.

Aduh apa dia kasih sinyal-sinyal ke saya?

Terlepas saya seorang wanita. Sering mendengar pernyataan dari lelaki bahwa wanita itu penuh misteri, seperti puzle, rumit, dan lain-lain. Mendengar kalimat itu, apakah Da Vinci memang senjaga menyimbolkan Monalisa sebagai sosok wanita yang penuh misteri? Entahlah.

Jika ingin tahu lebih tentang sejarah Monalisa, silakan searching saja 😀

Sumber: http://www.asal-usul.com/2010/04/monalisa-senyum-sejuta-misteri.html

Pohon Itu Adalah Saya

Tinggalkan komentar

udah lama ga ngeblog, hiks rindu

Saya disuruh menggambarkan sebuah pohon, atas rujukan oleh salah satu teman saya yang mempromosikan kalau saya ini pintar gambar. Padahal biasa saja kalau saya tidak terlalu mahir gambar *salah satu trik rating naik,hehe*

Langsung aja, seperti inilah gambar pohon itu.

Yippi, ternyata menurut teman saya dilihat dari gambar pohon itu, saya adalah orang yang:

  • Pengaruh masa lalu cenderung dominan

Ini dilihat dari pohon yang digambar berada di sebelah kiri dan tidak memanfaatkan space lain yang tersisa. Padahal mungkin aja bakal gambar “segebleg” kertas.

  • Masih ada sisi kekanak-kanakan

Terlihat dari gambar akar yang cukup jelas. Padahal jika secara logika akar itu tak terlihat soalnya aja di dalam tanah. Anak-anak masih berpikir secara konkrit bukan.

Ya, kekanak-kanakan, sangat terasa jiwa kekanak-kanakan itu menyelubungi, menyelimuti, membungkus, mengikat, melekat, dan menyangga *apaa?* diri ini. Seaakan perisai diri *jadi inget sesuatu* yang terkesan bagi saya adalah kekanak-kanakan

  • Lumayan Narsis

Nah kalo yang ini ditunjukkan dengan adanya gambar-gambar daun yang terlihat dan cukup banyak.

Jika masalah narsis, sejujurnya bukan masalah foto *walaupun terkadang kalau ada yang foto pengen ikutan, gmw jd yang ngambil foto hehe*. Ya merupakan orang yang tidak terlalu suka foto sendiri difotoin ma orang lain dengan gaya yang kata orang manis. Woh ndak suka kecuali kepaksa. Haha.

Narsisnya mungkin lebih ke hal ucapan, hehe.

  • Punya perencanaan yang matang

Akhirnya ada sisi positif yang dikemukakan nih, haha. Kalau ini dilihat dai bentuk proporsional pohon yang seimbang antara kanan dan kirinya.

Jika boleh narsis, ya lumayan lah perencanaan hidup yang tertulis secara tersirat dan tersurat. Haha

Namun dari semua pernyataan di atas yang membuat saya tertarik adalah point pertama. Masa lalu begitu dominan dalam hidup.

Exactly, seakan-akan tunggangan untuk berpikir dan tujuan itu adalah masalalu. Berandai-andai dan melankolis. Berandai-andai jika saya tak memilih itu, berandai-andai jika dia masih hidup, berandai-andai. Yang saya lakukan sekaligus yang tak saya suka. Melankolis ingat jaman dulu. Teriris, yang membuat saya menangis adalah kebiasaan yang tak saya sukai-s*

Itu pohon saya, bagaimana pohonmu?

selalu mengambil pelajaran di manapun.

belajar seceria mungkin

Kau Bukan Zionis, Kau Bayi Palestina

2 Komentar

Judul Buku          : Bumi Cinta

Pengarang          : Habbiburrahmah Elshirazy

Penerbit              : Basmala

Tahun terbit       : 2010

Edisi                       :1

Palestina dan Israel. Itulah perbincangan hangat yang tak pernah habisnya mengoyak kegundahan dunia, bukan hanya berbicara tentang masalah agama, namun juga kemanusiaan.

“Pikirannya langsung teringat perempuan muda Palestina yang tewas dengan perut sobek dan dada rusak. Perempuan muda Palestina yang tewas dengan perut sobek dan dada rusak. Perempuan muda itu adalah Salma, Ibunya.”

Linor Jelinek adalah seorang wanita yang selamat saat pembantaian yang terjadi di Palestina. Dia adalah seorang bayi Palestina yang kemudian di asuh oleh agen Zionis Israel. Doktrin Zionis telah membawanya masuk sebagai agen rahasia Israel yang tak lain bertugas untuk melumpuhkan umat muslim terutama Palestina. Identitas Yahudi pun telah menghapus nama sebenarnya yaitu Sofia. Sampai akhirnya kebenaran identitas Sofia “Sang Wanita Palestina” ia dapatkan kembali walau harus ditebus dengan darah

Habiburrahman Elshirazy merupakan sosok yang tak diragukan lagi  akan kepiawaianny bermain kata menghanyutkan para  pembaca masuk ke dalam alur ceritanya. Jelas terlihat dalam setiap katanya ia bertujuan untuk  mengkritisi ‘misi-misi’ agen rahasia Zionis Israel yang mungkin selama ini dengan cerdiknya memporak-porandakan dunia. Dalam pemikiran kritisnya, ia bermaksud untuk membuka pemikiran tertutup khalayak tentang kegesitan Israel.

Antara satu bab dengan bab lainnya memiliki cerita yang sangat berkorelasi. Dan dari segi bahasanya tak jauh berbeda dengan  gaya bahasa di buku-buku dia sebelumnya, yaitu menghanyutkan pembaca untuk masuk ke dalam setting waktu dan tempat cerita, serta penuturan bahasa yang lebih terasa nuansa sastra. Namun terkadang penceritaan setting waktu dan tempat yang bertele akan membuat pembaca enggan membacanya.

Cover buku dengan nama Habiburrahman El Shirazy yang besar mungkin akan langsung menjadi daya tarik tersendiri akan popularitas novelisnya. Ditambah dengan judul yang tak kalah besar dengan  setting luar negeri yang akan semakin membuat para pembaca penarasan dengan buku ini.

Buku ini cocok bagi siapa saja, terutama bagi masyarakat yang tertarik dengan masalah Israel dan Palestina terlebih bagi para pecinta novel yang sarat dengan permainan kata yang begitu memukau.

_______________________________________________________

hem sudah lama tak menulis lagi..

entah alasan sibuk dengan hal lain dapat dijadikan alasan, atau memang rasa malas yang lebih condong membuat kesibukan itu dijadikan kambing hitamnya

ini pun merupakan tulisan y ng merupakan tugas saya di AKSARA untuk membuat sebuah resensi, namun tentu perasaan senang yang mengiringi tulisan saya ini, TANPA PAKSAAN

baik belajar seceria mungkin..

😀

FreBank Award lebih hebat dari Grammy Award

Tinggalkan komentar

Siapa yang tak tahu Grammy Award, ajang penghargaan bagi insan musik dunia. Tapi, ada yang lebih hebat dari Grammy Award, yaitu FreBank Award. Apa itu FreBank Award?mari kita telusuri susunan katanya. FreBank, Frendship Banget kalo disingkat jadi FreBang, agar terkesan lebih unik dan eksotis maka FreBang diganti jadi  FreBank. hem, mantap abis mabis.

terlihat dari susunan katanya berarti ini adalah Award untuk sebuah pertemanan. Dan baru-baru saya telah mendapatkannya dari isil. jangan salah FreBank bukan sembarang award ya mirip Grammy Award, award ini pun menilai sisi musikalitas dari sang penerima award. Mungkin selama ini isil telah mendengar lantunan suara pertemanan yang telah dirangkai bersama. Telah mendengar petikan kasih sayang yang dimainkan dengan kunci dan nada yang tepat oleh saya. Dan telah mendengar alunan suara persahabatan yang merdu. Dan karena penilaian itu saya menjadi salah satu yang mendapatkan award ini. (sebeneranya lebih ke arah bahwa saya tidak mungkin mendapatkan Grammy Award gaara-gara gbs maen musik, hehe).

Baik terlepas dari itu, saya berterima kasih atas award ini. Hem, moga ini dapat jadi motivasi untuk terus menulis dan berkarya.

Dari award ini pula saya dapat belajar, bahwa jalinlah silaturahim seluas mungkin, karena dari situ kita akan belajar banyak hal.

yap-yap  makasih-makasih. 😀

ayo belajar seceria mungkin!

Pagelaran Akbar Ilmu Komputer

4 Komentar

Black in NEWS

DINAMIK 5 ILMU KOMPUTER akan segera dilaksanakan.

Apa itu DINAMIK 5?
Semacam singkatan yang jika dipanjangkan ‘DIes Natalis Mahasiswa Ilmu Komputer’. Inilah salah satu pagelaran akbar yang dipersembahkan oleh Mahasiswa Ilmu Komputer UPI.

Nah cukup bersyukur ternyata eh ternyata kami masih bisa mengadakan acara ini. owh acara ini memang baru diadakan beberapa kali, wajar karena jurusan kami pun masih berumur 5 tahun. Eh tapi jangan salah, walaupun kami masih terlihat mentah dari segi umur, tapi acaranya mateng (maksudnya?). Pokonya mantep dah acarana. DATANGLAH!!

Acaranya diadakan tanggal 21-23 Januari 2010, Nah lho lama kan, berarti dapat diprediksikan begitu rame, megah, dan hebohnya acara ini.
Nah tema yang kami usung untuk tahun ini adalah “The Expedition Of  IT Island
Bagi sodara-sodara yang suka menjelajah IT, suka berpetualang, dan suka bajak laut (lho?) ayo bergabung.
Sepertinya cukup merugi jika akang-akang, teteh-teteh, adik-adik, bapak-bapak, dan ibu-ibu jika tidak ikut terlihat dalam acara ini.

Memangnya ada acara apa aja di DIMANIK 5 ini?
banyak.
1. seminar pendidikan dan bisnis yang mantep
2. talkshow tutorial blog, GRATIS!
3. perlombaan artikel, PC assembling tingkat SMP dan SMA, disain grafis, cipta web  etc
4. bazar komputer, makanan, distro.

dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan bagi bapak-bapak ibu-ibu dan saudara-saudara lainnya bisa buka stand di acara kami. Insya Allah tidak rugi. Kapan lagi coba.

dari tadi cuap-cuap ngomongin ini itu, tapi di mana eh dimana tempatnya. wohoo di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia -deket terminal ledeng-) lah pastinya. tepatnya di BPU.

Masih penasaran??
kunjungi Web ini DINAMIK

Buruan kapan lagi coba.

%d blogger menyukai ini: